Laman

MOBILLISTRIK

1. Mobil listrik

Mobil listrik adalah mobil yang digerakkan dengan motor listrik DC, menggunakan energi listrik yang disimpan dalam beterai atau tempat penyimpanan energi (Wikipedia, 2015). Mobil listrik memiliki beberapa kelebihan dibandingkan dengan mobil berbahan bakar BBM secara umum. Hal yang paling utama adalah mobil listrik tidak menghasilkan polusi udara, selain itu mobil listrik juga mengurangi efek rumah kaca karena tidak membutuhkan bahan bakar fosil sebagai penggerak utamanya.

2. Sejarah Mobil Listrik

Mobil listrik populer pada pertengahan abad ke-19 dan awal abad ke-20, ketika listrik masih dipilih sebagai penggerak utama pada kendaraan. Hal ini disebabkan karena mobil listrik menawarkan kenyamanan dan pengoperasian yang mudah dan tidak dapat dicapai oleh kendaraan-kendaraan berbahan bakar bensin. Perkembangan teknologi dalam pembakaran yang semakin maju, terutama di Power yang mengurangi popularitas mobil listrik. Hal ini ditambah dengan kemampuan mobil bensin dapat menempuh jarak yang lebih jauh, pengisian bensin yang lebih cepat, dan infrastruktur pengisian semakin bertambah, ditambah dengan sistem produksi massal yang diterapkan oleh Ford Motor Company, membuat harga mobil bensin turun drastis sampai setengah harga mobil listrik. Mobil listrik juga menjadi semakin tidak populer, dan secara total menghilang, terutama di pasar ilegal seperti Amerika Serikat, pada tahun 1930-an. tetapi pada tahun sekarang ini, semakin banyak orang yang sadar akan dampak lingkungan yang ditimbulkan oleh mobil berbahan bakar bensin, ditambah harga bensin yang mahal dan terus naik, membuat mobil listrik kembali diminati. Mobil listrik jauh lebih ramah lingkungan dari mobil bensin, biaya perawatan lebih murah, ditambah teknologi baterai yang semakin maju. Kekurangannya adalah harga mobil listrik saat ini masih belum terjangkau dalam kalangan menengah kebawah. Mobil listrik saat ini mulai mendapatkan lagi popularitasnya di beberapa negara di dunia setelah sekian lama menghilang. Berikut adalah contoh mobil listrik yang dirancang oleh Thomas Edison pada tahun 1913 dapat dilihat pada Gambar 2.1.
mobillistrik
Gambar 2. 1 Thomas Edison dan mobil listriknya tahun 1913
(sumber : http://wikipedia.org/wiki/Mobil_Listrik, diakses terakhir tanggal 27 November  2015)

3. Perkembangan Mobil Listrik

Perusahaan otomotif asal California, Tesla Motors, memulai pengembangan Tesla Roadster pada tahun 2004, dan kemudian diluncurkan ke publik pada tahun 2008. Sampai bulan Januari 2011, Tesla telah berhasil menjual 1.500 Unit Roadster di 31 negara. Mitsubishi i Miev diluncurkan untuk penggunaan armada di Jepang bulan Juli 2009, dan mulai dijual pada perseorangan pada bulan April 2010. I Miev mulai dijual di Hong Kong bulan Mei 2010, dan Australia mulai Juli 2010. Penjualan Nissan Leaf di Jepang dan Amerika Serikat dimulai pada bulan Desember 2010, meskipun di awal peluncurannya hanya tersedia di beberapa kawasan saja dengan jumlah yang terbatas pula. Sampai bulan September 2011, mobil-mobil listrik yang dijual di pasaran adalah REVAi, Buddy, Citroën C1 ev'ie, Transit Connect Electric, Mercedes-Benz Vito E-Cell, Smart ED, dan Wheego Whip LiFe.
Sampai pada awal tahun 2012, jumlah kendaraan listrik yang diproduksi massal yang tersedia di dunia masih terbatas. Kebanyakan mobil listrik yang tersedia saat ini adalah kendaraan listrik jarak dekat (Neighborhood Electric Vehicle, NEV). Pike Research mengestimasikan ada sekitar 479.000 NEV di dunia saat ini. Kendaraan NEV yang paling laris adalah Global Electric Motorcars (GEM), yang sampai bulan Desember 2010 telah terjual lebih dari 45.000 unit sejak pertama dijual tahun 1998. Dua pasar NEV terbesar di dunia pada tahun 2011 adalah Amerika Serikat (14.727 unit) dan Perancis (2.231 unit).  Produsen Nissan, hingga April 2012 telah menjual mobil listrik Nissan Leaf sebanyak 27.000 unit, sedang Mitsubishi I-MiEV telah laku 17.000 unit hingga Oktober 2011. Perusahaan mobil di California, Tesla Motors, telah menjual 1500 unit Tesla Roadster sejak peluncurannya tahun 2008 hingga pertengahan 2011 (Purwadi, 2015, hlm. 5).

4. Blok Diagram Mobil Listrik Pada Umumnya

Pada umumnya mobil listrik hanya terdiri dari beberapa komponen utama yaitu baterai, konverter/kendali motor danmotor elektrik yang dapat dilihat pada Gambar 2.2.
blokdiagrammobil listrik
Gambar 2. 2 Diagram mobil listrik yang umum
(Sumber: Driss Yousfi, 2011, hlm. 201)

5. Blok Diagram Mobil Listrik Yang Kompleks

Banyak arsitektur yang berbeda dari sebuah kendaraan listrik karena ada banyak kemungkinan, misalnya, 1 sampai 4 mesin listrik, DC atau AC mesin, gearbox / tidak ada gearbox, tegangan baterai tinggi atau rendah, satu atau tiga fase pengisian, dan lain-lain. Untuk blok diagram mobil listrik yang kompleks dapat dilihat pada Gambar 2.3.
Gambar 2. 3 Blok diagram mobil listrik yang kompleks
(Sumber: Schaltz, 2011, hlm.1)




Tidak ada komentar: